5 Penulis ini Terkenal Setelah Mereka Meninggal

5 Penulis ini Terkenal dan Meraih Ketenaran Setelah Mereka Meninggal.

Sebagian besar orang tentunya ingin terkenal dan tenar dengan karyanya ketika mereka masih hidup. Itu juga yang tentunya diinginkan oleh beberapa penulis ataupun pengarang di seluruh belahan negara.
Namun ternyata ada juga tokoh-tokoh besar dunia ini yang dikenal sebagai seorang penulis dan pengarang yang justru sangat terkenal dan populer setelah mereka sudah meninggal.
Berikut ini merupakan 5 Penulis Dunia yang Terkenal dan Meraih Ketenaran Setelah Mereka Meninggal yang kami kutip dari berbagai sumber [wikipedia, biography.com]:

PLATO [427 SM – 347 SM]

Apakah anda belum pernah mendengar nama Plato?
Jika belum mungkin hanya untuk mereka yang tidak pernah mengenyam bangku pendidikan di sekolah.
Kalau kita baca di wikipedia, disebutkan bahwa Plato merupakan salah satu penulis dan pengarang yang sangat terkenal di berbagai belahan negara.
Sayangnya ketenaran Plato saat itu tidak pernah dinikmati oleh Plato sendiri. Plato dikenal dunia justru setelah dirinya sudah meninggal dunia.

gambar: krypton.mnsu.edu
Ketidaktenaran Plato saat dirinya masih hidup salah satunya dikarenakan saat itu mesin cetak belum ditemukan oleh penemunya Guttenberg. Selain karena belum adanya mesin cetak saat itu, di jaman Plato masih hidup, kertas juga belum ditemukan. Kertas sendiri baru ditemukan dan diciptakan oleh orang-orang China setelah Plato meninggal.
Dengan alasan tersebut diatas wajar saja jika saat itu Plato belum terkenal saat dirinya masih hidup.
Plato sendiri lahir sekitar 427 SM dan meninggal dunia sekitar 347 SM. Plato adalah seorang filsuf dan matematikawan Yunani, penulis philosophical dialogues dan pendiri dari Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat.
Plato ini merupakan murid dari Socrates, tidak heran jika banyak dari pemikiran Plato pun banyak dipengaruhi oleh Socrates.
Pada perkembanganya, Plato sendiri juga memiliki murid yang kemudian namanya sangat dikenal yaitu bernama Aristoteles. Jadi Plato ini dalam catatan sejarah banyak disebut sebagai guru dari Aristoteles.
Beberapa Karya dari Plato yang sangat terkenal yaitu Republik (dalam bahasa Yunani Πολιτεία atau Politeia, “negeri”) yang di dalamnya berisi terkait dengan uraian garis besar pandangannya pada keadaan “ideal”. Selain itu Plato juga menulis ‘Hukum’ dan banyak dialog di mana Socrates adalah peserta utama.
Plato memang dikenal sangat dikenal dengan kecintaanya untuk menulis. Itu kenapa ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa saat Plato meninggal, dirinya ditemukan saat dirinya dalam keadaan posisi sedang menulis.

Anne Frank [Annelies Marie “Anne” Frank] [12 Juni 1929 – Februari/Maret 1945]

Penulis terkenal lainya yang tenar setelah meninggal yaitu bernama lengkap Annelies Marie “Anne” Frank.
Penulis bernama lengkap Annelies Marie “Anne” Frank ini lahir pada tanggal 12 Juni 1929 dan meninggal pada sekitar Februari/Maret 1945.
Annelies Marie “Anne” Frank dikenal sebagai seorang perempuan keturunan Yahudi yang saat ini sangat dikenal karena tulisannya.

gambar: biography.com
Tulisan-tulisan dari Annelies Marie “Anne” Frank ini yang sangat terkenal yaitu tulisanya yang tertulis dalam sebuah buku harian pribadinya ketika dirinya bersembunyi bersama keluarga dan tujuh orang lainnya di Achterhuis, Amsterdam saat terjadi pendudukan Nazi di Belanda ketika Perang Dunia II.
Setelah beberapa lama bersembunyi sekitar dua tahun, ternyata mereka dikhianati yang kemudian mereka dibawa ke sebuah kamp konsentrasi yang akhirnya mengakibatkan seluruh penghuni Achterhuis tewas kecuali Otto Frank, ayah Anne.
Saat Otto Frank yang merupakan Ayah dari Anne Frank kembali ke Amsterdam, asistennya yang bernama Miep Gies menyerahkan sebuah buku harian milik Anne Frank yang ditemukannya.
Kemudian Otto Frank berusaha agar buku catatan harian anak tercintanya Anne Frank tersebut dipublikasikan. Hal ini dikarenakan Otto Frank mengetahui jika harapan putrinya salah satunya ingin menjadi seorang penulis.
Pada akhirnya buku harian itu kemudian dipublikasikan dan kemudian diterjemahkan dari bahasa Belanda ke berbagai bahasa dan menjadi salah satu buku yang paling banyak dibaca di belahan dunia.
Bahkan karena kepopuleran dari buku karya Anne Frank tersebut, beberapa produksi teater dan film juga mengangkat tema buku harian Anne Frank tersebut.
Buku harian karya Anne Frank tersebut digambarkan sebagai karya yang dewasa dan berwawasan dan menyodorkan potret kehidupan sehari-hari yang mendalam di bawah pendudukan Nazi.
Melalui tulisannya tersebut, Anne Frank menjadi salah satu korban Holocaust yang paling banyak dibicarakan.

Franz Kafka [3 Juli 1883 – 3 Juni 1924]

Franz Kafka merupakan salah satu penulis dan pengarang yang tidak merasakan kepopuleran ketika dirinya masih hidup.

gambar: wikipedia
Franz Kafka sendiri lahir pada tanggal 3 Juli 1883 dan meninggal di tanggal 3 Juni 1924.
Franz Kafka dalam dunia penulisan dikenal sebagai seorang novelis dan cerpenis dalam Bahasa Jerman. Tulisan-tulisan dari Franz Kafka dinilai banyak berpengaruh dari abad ke 20.
Gaya bahasa dan Penulisan karya-karya Franz Kafka ini dinilai unik dan telah dianggap memberi pengaruh besar pada sastra barat. Salah satu Karyanya yang paling dikenal antara lain Die Verwandlung (Metamorfosis) dan novelnya yang belum diselesaikan berjudul Das Schloß (Kastil).
Sayangnya, karya-karya dari Franz Kafka ini baru terkenal dan populer setelah dirinya sudah meninggal.

Emily Dickinson [30 Desember 1830 – 15 Mei 1886]

Nama Emily Dickinson, oleh beberapa pihak sering disalahejakan sebagai Emily Dickenson.  Emily Dickinson lahir pada tanggal 30 Desember 1830.
Sayangnya sebelum menikmati ketenaranya, pada tanggal 15 Mei 1886 dirinya meningga di usianya yang berumur 55 tahun. Nama dari Emily Dickinson disebut-sebut sebagai salah satu penyair paling terkenal di Amerika Serikat.

gambar: wikipedia
Emily Dickinson terkenal karena karya-karya puisi-puisinya pada masa dirinya masih hidup. Ada sekitar hampir 1800 puisi yang telah ditulis Emily Dickinson terkenal hingga hari ini.
Emily Dickinson sendiri berasal dari negara bagian di Massachusetts. Emily Dickinson terkenal karena sajak-sajaknya yang penuh dengan kata-kata ujian dan unik.
Emily Dickinson dikenal karena dirinya menghabiskan hampir sepanjang hidunya hanya mengurung diri didalam rumahnya.
Bahkan ada yang menyebutkan bahwa Emily Dickinson tidak pernah keluar kamar. Emily Dickinson menerbitkan beberapa puisi yang selama hidupnya belum diketahui bakat menulisnya.
Baru kemudian setelah kematiannya, keluarganya baru menyadari bahwa ternyata Emily Dickinson merupakan pengarang yang sangat produktif. Beberapa tumpukan puisinya kemudian diterbitkan oleh keluarganya.
Setelah diterbitkan beberapa karya-karya dari Emily Dickinson oleh pihak keluarganya setelah dirinya meninggal. baru kemudian setelah itu orang-orang mulai menyadari jika ternyata Emily Dickinson yang dikenal sebagai perempuan yang selalu menutup diri di kamar itu ternyata memiliki sesuatu untuk disampaikan, yang selama ini hanya disampaikan kepada tembok di kamarnya.

Edgar Allan Poe [ 19 Januari 1809 – 7 Oktober 1849]


sumber gambar: wikipedia
Penulis kelima yang baru terkenal dan populer setelah dirinya meninggal yaitu penulis bernama Edgar Allan Poe.
Edgar Allan Poe lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Januari 1809. Edgar Allan Poe diketahui meninggal di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, pada tanggal 7 Oktober 1849 yang berusia 40 tahun.
Edgar Allan Poe ini lebih dikenal sebagai seorang penyair, cerpenis, editor, kritikus, dan salah satu pemimpin Gerakan Romantik di Amerika. Edgar Allan Poe dikenal karena karya-karya macabre-nya. Edgar Allan Poe merupakan salah satu praktisi lahirnya penulisan cerita pendek di Amerika sekaligus perintis dari karya fiksi detektif dan kriminal.
Selain kepopuleranya tersebut, Edgar Allan Poe juga sudah mendapat pengakuan atas kontribusinya pada genre cerita fiksi ilmiah.
Edgar Allan Poe meninggal karena sebab-sebab yang kurang jelas. Ada beberapa pihak berpendapat bahwa kematian Edgar Allan Poe terutama diduga karena alkohol, obat bius, kolera, rabies, dan hal-hal lain.
Edgar Allan Poe sendiri dilahirkan dengan nama Edgar Poe tepatnya di Boston, Massachusets. Edgar Allan Poe adalah seorang anak yatim piatu karena Ayah dan Ibunya meninggal saat usianya masih kecil.
Setelah orang tuanya meninggal, Edgar Allan Poe kemudian dirawat oleh John dan Frances Allan di Richmond, Virginia, tapi mereka tidak pernah secara resmi mengadopsinya. Dia terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Virginia selama satu semester dan tidak melanjutkan karena masalah biaya.
Sesudah mendaftar dalam angkatan darat dan gagal sebagai perwira kadet, Edgar Allan Poe meninggalkan keluarga Allan.
Edgar Allan Poe mengawali karirnya dimulai dengan sederhana, yaitu dengan koleksi cerpen anonim, Tamerlane and Other Poems (1827), disebut hanya dengan ‘seorang Boston’. Politian (1835) adalah karya satu-satunya yang berupa drama.
Edgar Allan Poe disebut-sebut sebagai salah satu contoh seorang penulis yang hidupnya terkenal tragis dan menyedihkan. Edgar Allan Poe mati dalam keadaan miskin. Padahal sebenarnya Edgar Allan Poe sanggup menerbitkan karya-karyanya secara teratur, tetapi sayangnya tidak ada seorang pun yang menghargai karya-karyanya, sampai akhirnya dia ditemukan tergeletak mati di jalan di Baltimore.
Dari kisah kelima penulis diatas menunjukan bahwa seorang penulis ataupun pengarang terkadang tidak akan pernah tahu dan menduga, apakah karya yang mereka tulis akan langsung dihargai dan populer ketika dirinya masih atau saat mereka telah mati.

Komentar

Postingan Populer